Batik cina pengaruhi batik dalam negeri

Posted on November 26, 2009. Filed under: Batik |

Dengan masuknya produk kain batik asal negeri Cina sekarang ini dikhawatirkan akan mempengaruhi produksi kain batik buatan dalam negeri, sehingga akan banyak produsen batik merugi dan gulung tikar. Meskipun masuknya batik produk negeri tirai bambu itu tidak bisa dihentikan, namun perlu gerakan untuk melindungi produksi batik dalam negeri. Perlu adanya tindakan sosialisasi dengan gencar kepada masyarakat jika batik produksi dalam negeri lebih baik kualitasnya baik dalam segi motif maupun proses produksinya.

Perlu ada gerakan agar masyarakat Indonesia menyintai batik produksi dalam negeri, antara lain dengan membuat kebijakan untuk mengenakan baju batik di suatu kegiatan resmi kenegaraan seperti upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI. Sekiranya dengan gerakan tersebut dapat menyadarkan masyarakat jika batik adalah hasil budaya bangsa sendiri yang perlu dijaga dan dilestarikan dari kepunahan.

Jika masyarakat tidak bisa membedakan kain batik asal Cina maupun produksi dalam negeri karena motifnya hampir sama. Hanya yang membedakan harga produk China lebih murah dibandingkan produk dalam negeri. Sebenarnya kain batik asal Cina adalah tekstil printing yang bermotif batik. Namun, karena pembuatannya cukup sempurna, sehingga masyarakat tidak bisa membedakan dengan batik yang diproduksi di dalam negeri.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 53,773 hits
  • Top Rated

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: