Kontroversi, 2012 Semakin Laris di Bioskop!

Posted on November 26, 2009. Filed under: 2012 |

Kontroversi film 2012 garapan sutradara Roland Emerich dinilai akan mendatangkan keuntungan bagi pembuat film, Columbia Pictures. Sebab, masyarakat akan penasaran dan berbondong-bondong menonton film.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amidan di Jakarta, Selasa (17-11). Amidan mengaku tidak mau mengomentari perihal kontroversi kiamat yang digembar-gemborkan film 2012. Sebab, di tengah kontroversi, pembuat film justru akan menikmati keuntungannya. Yaitu, masyarakat menjadi penasaran dan berbondong-bondong ingin menonton film tersebut.

Dalam penelusuran Lampung Post, sejak diluncurkan Jumat (13-11) lalu, film ini berhasil meraup Rp2,1 triliun. Pemasukan ini dari penjualan tiket pemutaran film 2012 selama tiga hari: Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Sementara di Indonesia, menurut sumber, film ini berhasil mengalahkan jumlah penonton Spiderman 3, yang mencapai 500 ribu penonton. Jika satu penonton membeli tiket Rp15 ribu, dipastikan penjualan tiket mencapai Rp7,5 miliar.

Itu baru perhitungan minimal. Belum lagi jika tiket seharga Rp25 ribu untuk pemutaran di akhir pekan. Karena biasanya tiket seharga Rp15 ribu hanya berlaku untuk hari biasa (Senin–Jumat) saja. Artinya bisa lebih dari angka Rp7,5 miliar.

Menkominfo Tunggu MUI

Sementara Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring menunggu keputusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) perihal dilarang atau tidak film 2012. “Kami masih menunggu keputusan MUI Pusat. Kalau MUI melarangnya, ya kami akan ikut untuk melarang film 2012,” kata Tifatul di Gedung Telkom, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (17-11).

Saat diminta penilaian perihal film tersebut, Menkominfo mengaku belum bisa memberikan penilaian. Sebab, sampai saat ini ia belum menonton film tersebut.

Sementara hingga kini MUI Pusat juga belum bisa memutuskan apakah film ini dilarang atau tidak karena para ulama baru menonton film tersebut pekan ini. “Hingga saat ini belum ada rapat di komisi fatwa untuk membicarakan hal itu. Makanya, sebelum memutuskan kita harus ada yang menonton terlebih dahulu,” kata Sekretaris Umum Ikhwan Syam.

Ikhwan mengatakan MUI perlu menonton terlebih dahulu untuk memastikan apakah masukan-masukan kepada MUI terhadap film 2012 benar adanya atau tidak.

Sebelumnya MUI Provinsi Jawa Timur dan MUI Kabupaten Malang mengeluarkan imbauan melarang masyarakat menonton film 2012. Sebab, film ini dinilai bisa mengubah keyakinan umat Islam soal kiamat.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 53,773 hits
  • Top Rated

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: