Sri Lanka Tahan Pencari Suaka di Laut

Posted on November 26, 2009. Filed under: Berita Luar Negeri |

 

Kolombo, (Analisa).

Pengungsi Sri Lanka mengamati serius kondisi luar kamp mereka di Vavuniya, Sri Lanka, Selasa (24/11). Mereka adalah warga Tamil yang melarikan diri akibat perang antara pemberontak dan tentara pemerintah.

Angkatan Laut Sri Lanka menahan sedikitnya 100 orang yang berusaha berlayar secara ilegal ke Australia, kata seorang pejabat setempat, Selasa (24/11), beberapa hari setelah sebuah kapal penuh muatan pencari suaka memicu sengketa diplomatik antara Australia dan Indonesia.

Jumlah orang yang berusaha melarikan diri dari negara pulau itu telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, setelah berakhirnya perang separatis selama 25 tahun dengan suku minoritas Tamil, dengan tudingan penganiayaan dan pelanggaran hak-hak sipil, kata para aktivis.

Empat kapal nelayan pukat harimau penuh dengan imigran gelap menuju Australia ditangkap di tengah laut di lepas pantai selatan Sri Lanka dua hari lalu, kata jurubicara angkatan laut Athula Senerath.

“Ini adalah jaringan penyeludupan manusia. Orang-orang itu telah membayar sejumlah besar uang untuk bisa menjadi imigran,” katanya menambahkan.

Pada awal bulan ini, petugas pabean Australia menangkap 78 warga Sri Lanka di laut setelah mereka mengirim seruan bahaya di zona pencarian dan pertolongan Indonesia.

Para imigran kemudian dibawa ke satu pusat penahanan di Indonesia setelah ada jaminan dari Australia, bahwa mereka akan dimukimkan di Australia dalam tempo sebulan.

Kedatangan beberapa kapal pembawa pencari suaka dalam beberapa bulan belakangan ini, banyak di antara mereka adalah orang-orang Sri Lanka yang terlantar akibat perang saudara, memanaskan isu politik di Australia.

Namun para aktivis mengatakan, itu hanyalah jumlah kecil jika dibandingkan dengan puluhan ribu pencari suaka yang berlayar menyeberangi Laut Tengah ke Eropa setiap tahunnya.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 53,773 hits
  • Top Rated

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: