Steak Tahu, Lezat nan Menyehatkan

Posted on November 29, 2009. Filed under: Makanan |


// <![CDATA[
var m3_u = (location.protocol=='https:'?'https://openx.detik.com/delivery/ajs.php&#039;:'http://openx.detik.com/delivery/ajs.php&#039;); var m3_r = Math.floor(Math.random()*99999999999); if (!document.MAX_used) document.MAX_used = ','; document.write ("”);
// ]]>

Bandung – Anda penggemar steak tapi tidak ingin kelebihan kolesterol? Atau anda penderita kolesterol yang ingin tetap bisa menyantap steak? Steak tahu bisa menjadi pilihan anda.

Berlokasi di Jalan Bojong Soang 138A, Pondok Steak BBC memiliki menu andalan steak yang berbahan utama tahu. Semenjak berjalan tiga tahun lalu, steak tahu selalu
menjadi primadona rumah makan yang menyediakan aneka olahan steak ini.

Menurut sang mengelola Pondok Steak, Lia Natalia steak tahu diciptakannya ketika ia bosan dengan hidangan steak yang hampir semuanya terbuat dari daging.

“Hampir semua steak terbuat dari daging. Entah daging ayam atau daging sapi. Lalu bagaimana nasib para penderita kolesterol dan vegetarian? Kita juga ingin
mereka bisa makan steak,” tutur Lia.

Lia menambahkan, dipilihnya tahu sebagai bahan baku olahan steaknya dikarenakan tahu lebih mudah diolah dengan bumbu khas steak.

“Dasarnya tahu memang variasi olahannya lebih banyak, ketimbang tempe misalnya. Meski sama-sama dari kacang kedelai, tapi tempe kurang cocok jika disajikan
dengan bumbu steak,” ucap Lia.

Mengintip pembuatan steak tahu, ternyata prosesnya tidak rumit. Pertama tahu kuning digoreng matang. Setelah itu diiris membujur menjadi dua bagian. Kedua
bagian tahu itu diberi bumbu yang menjadi rahasia dapur Pondok Steak.

Irisan-irisan sosis ditaruh di atas tahu. Lalu goreng di atas wajan dengan api yang tidak begitu besar.

“Apinya harus diperhatikan, kalau terlalu besar gosong. Terlalu kecil juga tidak matang di dalam, Selain itu minyaknya juga harus non kolesterol,” imbuh Lia.

Setelah tahu matang, tahu ditiriskan sebelum ditata diatas hot plate. Setelah itu baru diguyur dengan saus BBQ.

Saat disajikan, sempat ragu apakah yang disajikan tadi benar-benar tahu atau daging. Pasalnya, teksturnya begitu kenyal dan lembut. Sangat mirip dengan daging sapi, hanya saja jauh lebih empuk. Guyuran saus BBQ semakin menyamarkan jika yang disajikan adalah tahu.

Dalam sehari, Lia bisa menghabiskan 50 hingga 100 tahu. Sedangkan di akhir minggu dan hari libur, bisa mencapai 150 tahu.

Ingin mencoba, anda bisa menyambangi rumah makan yang buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB ini.

Soal harga, pasti bersahabat di kantong. Untuk seporsinya, anda cukup menebus dengan Rp 8.500 saja. Bagaimana, steak juga bisa sehat kan?

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 53,773 hits
  • Top Rated

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: